Diketahui tabel sebagai berikut :
17
|
24
|
35
|
46
|
49
|
47
|
86
|
43
|
45
|
76
|
43
|
87
|
56
|
89
|
78
|
53
|
72
|
65
|
13
|
21
|
67
|
56
|
43
|
35
|
82
|
16
|
37
|
54
|
66
|
70
|
24
|
21
|
69
|
76
|
57
|
82
|
85
|
32
|
65
|
43
|
32
|
27
|
58
|
71
|
83
|
87
|
88
|
40
|
37
|
27
|
Perhatikan bahwa bilangan-bilangan di atas mempunyai penyebaran yang cukup besar yaitu dengan nilai terkecil 13 dan nilai terbesar 89. Untuk data semacam ini maka tabel distribusi frekuensi yang perlu dibuat adalah tabel distribusi frekuensi untuk data berkelompok (data terbagi dalam kelas-kelas interval). Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:
- Menentukan Jangkauan (J)J = Datum terbesar – Datum terkecil
- Menentukan banyaknya kelas interval (k)k = 1 + 3,3 log n , dimana n adalah banyaknya data.Hasilnya dapat dibulatkan ke atas atau ke bawah.
- Menentukan panjang kelas intervalPanjang kelas interval = (Jangkauan / Banyaknya kelas interval). (usahakan panjang kelas ganjil, supaya nilai tengahnya bulat, perhatikan langkah ke 2)
- Menentukan batas bawah kelas interval pertama: bisa dimulai dari nilai terkecil
Mari kita buat tabel distribusi frekuensi dari data di atas sesuai dengan langkah yang telah diuraikan di atas:
- Jangkauan (J) = Datum terbesar – Datum terkecilDatum terbesar = 89 Datum terkecil = 13Jangkauan (J) = 89 – 13 = 76Jadi jangkauan datanya adalah 76
- Banyaknya kelas interval (k)k = 1 + 3,3 log n , dimana n = banyaknya data (n=50)k = 1 + 3,3 log 50k = 1 + 3,3 (1,69)k = 1 + 5,57k = 6,67 ~ 7Jadi banyaknya kelas yang harus dibuat adalah 7 kelas
- Panjang interval kelas (c)c = Jangkauan / Banyaknya kelas interval atau c = J / kc = 76 / 7 = 10,86 ~ 11Jadi, panjang interval kelas adalah 11
- Kelas pertama:
- Ambil datum terkecil sebagai batas bawah kelas pertama-hal ini tidak harus datum terkecil, hanya untuk memudahkan. Usahakan titik tengahnya berupa bilangan bulat.
- Jumlahkan datum terkecil dengan panjang interval kelas kemudian kurangi satu (1)
- Panjang interval kelas pertama = (13 + 11) – 1 = 23
- Jadi interval kelas pertama adalah (13 - 23)
- Kelas Kedua
- Batas bawah kelas kedua kita mulai dari 24 (melanjutkan batas atas kelas pertama) atau batas bawah kelas pertama ditambah c (panjang kelas)
- Panjang interval kelas kedua= (24+11)–1 = 34
- Jadi, interval kelas kedua adalah (24 - 34)
- Kelas ke-3 sampai kelas ke-7 dapat ditentukan dengan cara yang sama diatas (lihat langkah 4 & 5)
- Bila sudah selesai, kamu akan memperoleh tabel seperti berikut ini:
KelasD a t aTurusFrekuensi113 - 23IIIII5224 - 34IIIII I6335 - 45IIIII IIIII10446 - 56IIIII II7557 - 67IIIII I6668 - 78IIIII I7779 - 89IIIII IIII9J u m l a h50
Mudah bukan.
Saya mau tanya , turus nya itu dapet dari mana ?
BalasHapusTerima kasih :)
itukan dari jumlah frekuensi kak?
HapusGampangnya gini, jadi kiri menunjuk angka mulai dari baris pertama, tangan kanan memberi tanda di kolom turus, sambil melihat bilangan itu ada pada interval mana.jawaban Lutfi juga benar.
Hapusbisa dijelaskan lebih detail lg kh gmn dpt frekuensinya itu
HapusCara memdapatkan frekuensi dengan kita menghitung banyaknya angka..
HapusContoh7 mendapatkan turus/frekuensi dari data 12-23 dengan menghitung banyaknya data yang ada ditabel antara angka 12-23 dan ditabel menunjukan angka 17 13 21 16 21 jadi dari data 12-23 ada 5 frekuensi
Ralat maksutku itu 13-23 bukan 12-23 😊
HapusSiska : kalau saya mengira , mungkin , turusnya berasal dari banyaknya datum antara a-b misalnya
BalasHapusuntk menentukan kelas 1 - 7 ??
BalasHapusdata terkecil 26, dan terbesar 91.
jumlah data keseluruhan 81.
kelas interval 7 dan panjang interval 9.
bagaimana menentukan kelas 1 smpai 7 ? saya sudah menghitung seperti diatas alhasil di kelas 7 hanya sampai 88 ..?
@siska: turus itu dri data yg tersedia. misal dalm data da nilai 17 maka turusnya simpn d intrval 13-23
BalasHapus@rina : untuk kelas kelas dan panjang interval gunakan pembulatan keatas jngn pembulatan kebawah...
BalasHapusjdi kelas intervl'y 8 dan pnjng intrvl'y 9
Sy sudah dibulatkan keatas semua tetapi data terbesar ttp gk masuk pada kelas terakhir pk...itu gmn ya?
HapusHAI KAWAN
BalasHapusfrekuensinya dari mana?
BalasHapusuntuk menentukan frekuensi, lihat turus, atau hitung banyaknya bilangan yang ada pada tiap interval, sebagai contoh, pada interval pertama 13-23, ada 5 bilangan, terima kasih
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapus13-23 frekuensi 10 bilangan..
Hapusanda yang salah tulis atau saya yang salah hitung??
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusuntk menentukan kelas 1 - 8??
BalasHapusdata terkecil 42, dan terbesar 98.
jumlah data keseluruhan 125.
kelas interval 8 dan panjang interval 7.
bagaimana menentukan kelas 1 smpai 8 ? saya sudah menghitung seperti diatas alhasil di kelas 8 hanya sampai 97 ..?
cara menentukan turus bagaimana ya? mohon penjelasan
BalasHapusMaaf @Mohamad Rizky, baru buka.... Cara menentukan turus dengan menghitung banyaknya bilangan pada interval kelas.
BalasHapusItu cara mengjitung log nya gimana ya caranya? Kenapa bsa jadi 1,69
BalasHapusUntuk menghitung log gunakan tabel alogaritma atau kalkulator.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSaya blum begitu paham ttng menhitung turus.tolong beri contoh yang sederhana.terimakasih
BalasHapusSebenarnya sama seperti kita menghitung hasil pemungutan suara, supaya mempermudah perhitungan, biasanya IIII setelah itu untuk ke lima dicoret. Demikian seterusnya. Untuk contoh di atas, kita lihat ada berapa bilangan yang ada tiap kelas. Di kelas pertama, ada berapa bilangan antara 13-23.
HapusPak Yohanes,bagaimana jika jumlah kelas riilnya lebih kecil dari jumlah kelas yang seharusnya berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus jumlah kelas diatas? Misalkan ada sebanyak 60 data, Min = 3, Max = 7, Juml. Kelas (K) = 6, & Panjang Kelas (C) = 4/6 = 0.67 (dibultkan menjadi 1), maka kelas interval yang terbentuk hanya 3, yakni 3 - 4, 5-6, & 7-8?
BalasHapusapabila hasil panjang intervalnya menunjukkan angka 5,83 pembulatannya apakah harus ke 6 ? atau juga boleh ke 5 (angka ganjil) karena apabila dibulatkan ke 6 frekuensi setelahnya 0?
BalasHapusAncen iku contoh soale gampang coy
BalasHapusItu mendapat angka 13 nya dari mana?
BalasHapusyang bingung tuh pembulatan untuk banyak kelas dan panjang kelas itu seharusnya bagaimana sih??
BalasHapusMau tanya. Jika banyaknya kelas interval adalah 6. Sedangkan jika kita memakaik 6 kelas dan ada satu data yang belum dimasukan. Itu bagaimana??
BalasHapusGimana caranya kalo kita cari mean, kuarti atas, bawah, tengah, modus, dan median. Kan harus mengurutkan data tersebut dari yang terkecil ke terbesar. Gimana caranya biar cepat?
BalasHapusBantuin aku jawaban ini dong, ditentukan banyaknya kelas 7 buat tabel distribusi bergolong
BalasHapusKlau misalkan tabel pertama tidak ada bagaimana cara menentukan frekuensinya ?
BalasHapustolong detailkan cara menghitung (log)!!!
BalasHapustolong detailkan cara menghitung (log)!!!
BalasHapusSangat membantu sekali,,saya ngerti kok
BalasHapusBagaimana jika jumlah kelasnya 6,28, apa harus dibulatin ke 6 /7, klo ke 6 ada angka yg gk kebawa, tolong bantuan ny
BalasHapus10,84 dari mana?
BalasHapusDapat 1,69 itu dri mna kak
BalasHapusDapat 1,69 itu dri mna kak
BalasHapus